5 Jenis Semut Paling Berbahaya di Dunia

0
5

[ad_1]

Liputan6.com, Jakarta Semut merupakan hewan sejenis serangga, yang termasuk dalam anggota family Formicidae, dari bangsa Hymenoptera. Di dunia ini, terdapat kurang lebih 12.000 jenis atau spesies semut, yang sebagian besar diantaranya hidup di daerah tropis. Kebanyakan jenis semut, dikenal sebagai serangga sosial dengan koloni dan sarang-sarangnya yang teratur, dan beranggotakan ribuan semut setiap koloninya.

Anggota koloni semut sendiri, terbagi menjadi semut pekerja, semut pejantan, dan ratu semut. Namun, bisa juga terdapat kelompok semut penjaga, di dalam sebuah koloni semut. Meskipun ukuran tubuhnya relatif kecil, namun semut termasuk hewan yang memiliki kekuatan, yang paling besar di dunia ini.

Semut jantan, diketahui dapat menopang beban mencapai lima puluh kali lipat, lebih berat dari tubuhnya sendiri. Bisa kamu bandingkan dengan gajah, yang hanya bisa menopang beban, hanya dua kali lebih berat dari tubuhnya sendiri. Hanya kumbang badak yang mampu menyaingi kekuatan semut, di mana kumbang ini dapat menopang beban mencapai 850 kali lipat, lebih berat dari tubuhnya sendiri.

Selain itu, meskipun memiliki tubuh yang terbilang kecil, namun semut juga memiliki gigitan yang cukup menyakitkan. Ada beberapa jenis semut, yang memiliki gigitan cukup berbahaya, bahkan sampai dapat mengancam nyawa. Dan berdasarkan hal tersebut, pada kesempatan kali ini kita akan bahas buat kamu sekalian sahabat, mengenai beberapa jenis semut paling berbahaya di dunia.

Selengkapnya baca di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

[ad_2]

Source link

LEAVE A REPLY