Belum Ada Pemberitahuan, Aksi Demo di DPR Besok Tidak Akan Terjadi

0
14

[ad_1]

Jakarta – Pernyataan Kapolri Jenderal Tito Karnavian tentang adanya rencana demo dan makar untuk menduduki gedung DPR pada Jumat (25/11) besok tampaknya tak akan terjadi.

Paling tidak, demo pasti tidak akan terjadi, bila ditilik dari tiadanya pengajuan Surat Tanda Pemberitahuan (STP) alias izin yang harus diajukan oleh pihak yang hendak berdemo.

Tanpa STP sebuah demo terkategori ilegal dan dapat dibubarkan. Demo besar 4 November lalu sebelumnya didahului dengan pengajuan STP.

“Belom ada (STP) yang diterima di Mabes Polri (untuk Jakarta). Tapi di beberapa daerah ada. Seyogyanya memang H-3 udah disampaikan STP kemudian kita keluarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP),” kata Kabag Penum Polri Kombes Martinus Sitompul di Mabes Polri Kamis (24/11).

Jika polisi sudah mengeluarkan STTP artinya polisi siap melakukan pengamanan. STTP dikeluarkan apabila aksi memenuhi persyaratan seperti memiliki penanggungjawab lapangan, alat peraga apa saja yang dibawa, dan apa yang akan disampaikan.

“Kalau persyaratan itu gak dipenuhi, maka polisi gak akan mengeluarkan STTP. Dalam hal ini tentu aksi demo itu (bila ada) kita lakukan pengawasan. Kegiatan mereka akan diawasin lebih ketat kita lakukan (tinimbang dibubarkan),” lanjutnya.

Farouk Arnaz/CAH

BeritaSatu.com

[ad_2]

View Source link

LEAVE A REPLY