Enam Alasan MotoGP 2017 Bakal Lebih Menarik

0
5

[ad_1]

MotoGP baru akan bergulir tiga bulan lagi, namun musim ini sangat layak Anda tunggu dan bahkan berpeluang lebih seru dari musim 2016.

Ada setidaknya enam alasan yang akan membuat para penggila balapan roda dua paling bergengsi sejagat ini tak sabar menunggu balapan pembuka di Qatar nanti.

Vinales di Yamaha, Tandem dengan Rossi
Maverick Vinales langsung memimpin di sesi uji coba pramusim di Circuit de la Comunitat Valenciana di atas motor barunya, Yamaha M1. Tahun lalu untuk pertama kalinya dia menang grand prix MotoGP di Silverstone. Juara dunia Moto3 musim 2013 itu sudah langsung mengancam di papan atas. Kalau sudah beradaptasi nantinya, dikombinasikan dengan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi, mereka akan menjadi pasangan Yamaha yang eksplosif — yang satu memburu titel MotoGP pertamanya, yang satunya lagi mengejar rekor juara dunia 10 kali.

Lorenzo Berbaju Merah
Tim Ducati mencatat kemajuan pesat musim lalu, dengan dua kemenangan, atau yang pertama sejak 2010. Musim ini tim pabrikan Borgo Panigale itu akan makin mengancam dengan kehadiran juara dunia lima kali Jorge Lorenzo. Dia akan bermitra dengan Andrea Dovizioso untuk menjinakkan ‘Desmosedici’ dan berusaha meraih trofi juara dunia yang selama ini hanya bisa dihasilkan oleh Casey Stoner. Hasil uji coba Ducati di Valencia juga cukup memuaskan.

Tak Ada Lagi Sayap
Masih ingat Grand Prix Misano tahun lalu? Dani Pedrosa secara mengejutkan menjadi juara dengan motor telanjang tanpa komponen aerodinamika winglet atau sayap. Komponen ini sempat memicu kontroversi dan akhirnya dilarang mulai musim ini. Aturan baru tersebut akan memberi tantangan baru bagi pabrikan yang sangat menggantungkan diri pada winglet, misalnya Ducati.

Hore! Tambah Satu Pabrikan Lagi: KTM
Setelah tampil perdana dengan fasilitas wildcard di seri pamungkas 2016 dengan pembalap uji Mika Kallio, tim Austria KTM akan resmi melakukan debutnya musim ini bersama pembalap utama Bradley Smith dan Pol Espargaro. Rangka motor baja berbentuk tabung akan sangat unik dilihat. Setelah banyak uji coba dan banyak data dikumpulkan, menarik ditunggu bagaimana kinerja KTM musim ini.

Empat Bakat Baru
Di MotoGP musim ini, akan hadir empat rookie. Juara dunia Moto2 Johann Zarco dan mantan rivalnya Jonas Folger akan bersatu di tim Yamaha Tech 3. Sementara itu pembalap agresif Alex Rins hadir di Suzuki Ecstar, dan Sam Lowes masuk ke Aprilia Gresini. Uji coba perdana di Valencia memang cukup menyulitkan bagi Lowes dan Rins yang terjatuh, namun Zarco dan Folger langsung kencang dan tinggal butuh dipoles saja.

Kombinasi Suzuki dan Iannone
Suzuki telah membuktikan diri mampu memenangi grand prix, dan musim ini tim pabrikan Hamamatsu ini akan diperkuat pembalap berpengalaman Andrea Iannone. Suzuki baru dua tahun lalu kembali terjun ke MotoGP dan kemenangan di Silverstone 2016 adalah bukti potensi mereka setelah paceklik juara sejak 2007. Iannone adalah pembalap yang selalu berambisi menang grand prix, dan jelas Suzuki mampu meladeni ambisinya itu.

Heru Andriyanto/HA

berita-beritamotogp.com

[ad_2]

View Source link

LEAVE A REPLY