FoodBOX Bantu Munculkan Jamaah Baru di Masjid

0
11

[ad_1]

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Hari ini, FoodBOX hadir di tiga lokasi yaitu Masjid Al Muthmainnah, Masjid Limo Cinere dan Masjid Raya Bogor. Program milik Sekolah Relawan ini, diharapkan dapat terus berkembang, sehingga ikut memakmurkan masjid.

Bahkan, pelaksanaan ibadah shalat Ashar di Masjid Al Muthmainnah Depok, Ahad (27/11) sore, memang tampak berbeda dari hari-hari biasa. Sejumlah jamaah masjid yang tampak asing, membuat pelaksanaan shalat Ashar diikuti lebih banyak jamaah dari biasanya.

Hal itu diungkapkan petugas keamanan Masjid Al Muthmainnah, Ahmad, yang merasa melihat wajah-wajah baru ikut melaksanakan shalat Ashar. Bahkan, dia menilai, wajah-wajah jamaah baru sudah mulai terlihat beberapa hari belakangan, setidaknya sejak kehadiran FoodBOX.

Ya, kehadiran kotak kecil bertingkat dua dengan dominasi warna hijau tersebut memang banyak menarik perhatian, baik orang di dalam maupun luar masjid. Itu banyak dikarenakan ada tulisan gratis di kotak berkaca bening, yang tentu saja menampilkan sejumlah makanan. “Iya, ada orang-orang baru yang jarang kelihatan, kayaknya baru beberapa kali ikut shalat di sini gitu,” kata Ahmad kepada Republika, Ahad (27/11).

Terkadang, Ahmad sendiri menawarkan secara langsung anak-anak jalanan yang kebetulan lewat, atau baru turun dari angkot yang lewat sehabis mengamen. Walau malu-malu, kegembiraan tampak terpancar dari wajah-wajah kusam, usai seharian menjual suara mencari rejeki. “Iya senang,” ujar Putra Adi, salah satu anak jalanan yang menikmati makanan FoodBOX di Masjid Al Muthmainnah.

Sementara, Tim Digital dan Komunikasi Sekolah Relawan, Ubaidillah, yang ditemui usai melakukan pengecekan makanan, turut merasa senang apabila ada peningkatan keramaian di Masjid. Ia berpendapat, peningkatan itu seirama dengan tujuan FoodBOX. “Alhamdulillah memang, respon positif, jadi Insya Allah bisa menguatkan fungsi sosial dari masjid,” tuturnya.

Ubaidillah mengatakan, menu yang wajib ada di setiap FoodBOX di antaranya adalah nasi, ayam dan tambahan lauk seperti tahu atau tempe. Selain itu, FoodBOX turut menyediakan minuman hangat sepeti teh dan kopi, lengkap dengan gula dan air panas dari termos.

Bahkan, FoodBOX telah menjadi jembatan bagi program Sekolah Relawan lain, yaitu Ketuk Berkah. Zen, salah seorang jamaah tetap Masjid Al Muthmainnah, mendapatkan bantuan sejumlah sembako dari Ketuk Berkah yang memang sudah lebih dulu ada.

“Kita mengikuti Pak Zen sejak menikmati FoodBOX, ternyata ia tinggal di rumah gubuk yang kondisinya mengenaskan, Alhamdulillah kita bisa salurkan bantuan ke beliau,” ujar Ubaidillah.

Meski begitu, dia berharap, FoodBOX bisa jadi pengelolaan masjid, sehingga dana yang ada bisa lebih berguna atau terasa di fungsi sosial. Karenanya, Ubaidillah meminta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) menjadikannya program yang langsung dikelola masjid sendiri.

[ad_2]

If You Want to See Source link

LEAVE A REPLY