Pencarian

Mau Usaha Tetap Eksis di Tengah Pandemi? Ini Caranya Menurut Ketua HIPMI Banjarbaru

Ketua BPC HIPMI Kota Banjarbaru, Robbi Miftah. Foto - Istimewa

MEDIAKITA.CO.ID - Di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini, para pengusaha harus bisa dan mampu beradaptasi sedemikian rupa, agar usaha yang mereka jalankan selama ini tetap eksis.

Begitulah kalimat sederhana bernada optimis yang dituturkan oleh Ketua BPC Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kota Banjarbaru, Robbi Miftah kala berbincang-bincang santai dengan Jurnalis Mediakita.co.id di Balai Kuta Caffee, baru baru tadi.

Dengan bawaannya yang santai dan bersahabat sembari menyeruput minuman lemon tea hangat, Robbi menyampaikan bahwa pengembangan ekonomi dan usaha kreatif memang sangat perlu dilakukan di tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini.

"Pandemi Covid-19 ini tak pandang bulu, baik pengusaha kecil maupun besar terkena dampak serangannya," ucap Robbi.

Menurutnya, ada banyak cara yang bisa dilakukan agar usaha yang dijalankan selama ini masih bisa eksis, meskipun virus corona atau Covid-19 terus menerus 'menghantui'.

"Salah satunya misalnya, saat ini kita tidak bisa mempromosikan barang atau produk usaha kita secara offline, tentunya kita harus menggunakan sistem online seperti memanfaatkan jejaring media sosial," kata Robbi.

Meskipun demikian lanjut Robbi, memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan produk usaha tidak hanya sekadar upload (unggah) foto produk dan mendapatkan 'like' dari netizen, namun juga harus disertai dengan pemilihan kalimat (caption) foto promosi yang mampu menarik perhatian pembeli atau bahkan netizen itu sendiri.

"Narasi yang tepat untuk mempromosikan produk itu juga penting, bahasa fotonya. Tidak perlu dengan kalimat atau bahasa promosi yang panjang, cukup kalimat yang sederhana dan unik, tapi pesannya sampai kepada konsumen," pungkas pengusaha percetakan ini. (tim)