Turunkan Bunga Deposito, BCA Tunggu Dana Repatriasi

0
5

[ad_1]

Jakarta – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) masih mengevaluasi kemungkinan penyesuaian terhadap suku bunga deposito perseroan. Meski Bank Indonesia (BI) telah kembali menurunkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps), BCA kemungkinan baru dapat menurunkan bunga deposito jika dana repatriasi yang ke perseroan masuk berjumlah besar.

Direktur Utama BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, evaluasi soal suku bunga masih dilakukan. Pasalnya, suku bunga deposito BCA sudah cukup rendah dibandingkan bank lain, maksimal sebesar 5,5%. “Sementara itu, kami akan evaluasi laba, kalau nanti dana repatriasi masuk dalam jumlah besar, mungkin kami bisa turunkan bunga deposito,” jelas Jahja kepada Investor Daily, akhir pekan lalu.

Pada periode pertama amnesti pajak, BCA mencatatkan uang tebusan yang masuk sekitar Rp 37 triliun. Namun, dana repatriasi yang masuk baru mencapai Rp 3,27 triliun pada 29 September 2016.

Berdasarkan situs BCA, saat ini BCA mematok bunga deposito pada kisaran 4,75-5% untuk simpanan di bawah Rp 2 miliar, kemudian bunga 5-5,25% untuk simpanan Rp 2-10 miliar, dan bunga 5-5,5% untuk simpanan di atas Rp 25 miliar.

Untuk bunga kredit, Jahja menjelaskan, BCA ini sudah melakukan penyesuaian terutama pada suku bunga di segmen kredit pemilikan rumah (KPR) dan kredit kendaraan bermotor (KKB). Pada kedua jenis kredit komsumsi tersebut, menurut dia, BCA sudah memberikan bunga kredit di bawah 10%. “Untuk KPR dengan tenor enam tahun dan kredit program 1-5 tahun semua sudah single digit. KKB juga sudah single digit,” ungkap dia.

Selain pada kedua segmen tersebut, BCA sudah memberikan kredit dengan bunga di bawah 10% pada kredit di segmen korporasi. “Kredit di segmen lain, sejauh ini belum bisa,” ungkap dia.

Sementara itu, berdasarkan data suku bunga dasar kredit (SBDK) perseroan, BCA mematok bunga pada segmen kredit korporasi sebesar 9,75%, kredit ritel 10,50%, KPR 10%, dan kredit konsumsi non-KPR sebesar 7,69%.


Investor Daily

Agustiyanti/ARS

Investor Daily

[ad_2]

View Source link

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here