Pencarian

Pengaduan Berujung Penghargaan


Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, H Said Abdullah didampingi Asisten Administrasi Umum, drg Agus Widjaja dan Kepala Dinas Kominfo Banjarbaru, Iwan Hermawan menyerahkan piagam penghargaan secara simbolis kepada Dinas Perkim Kota Banjarbaru. Foto - Istimewa

MEDIAKITA.CO.ID - Peningkatan pengaduan menunjukkan bahwa sistem pengelolaan pengaduan dipercaya. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kota Banjarbaru, H Said Abdullah saat Rapat Evaluasi SP4N-LAPOR! Kota Banjarbaru via Zoom Meeting, di Ruang Command Center Balai Kota Banjarbaru, Rabu (22/9).

"Pengelolaan pengaduan juga mendatangkan kewajiban kepada penyelenggara pelayanan," kata Said Abdullah.

Ia menambahkan, adapun road map sistem pengelolaan pelayanan pengaduan nasional tahun 2020 sampai 2024 yang ditetapkan melalui Peraturan Menteri PANRB Nomor 46 tahun 2020, hendaknya menjadi acuan dalam optimalisasi SP4N-LAPOR! Guna mencapai sasaran strategis nasional, yakni mewujudkan sistem pengelolaan pengaduan yang memiliki respon dan solusi cepat serta terpercaya atau fast response, fast solution, and trusted complaint handling system. 

Masih kata Said Abdullah, tercapainya sasaran strategis nasional akan terlihat melalui dua kondisi, yaitu peningkatan jumlah pengaduan dari masyarakat dan peningkatan persentase penyelesaian pengaduan, sehingga peningkatan pengaduan menunjukkan bahwa sistem pengelolaan pengaduan dipercaya oleh para pengguna layanan.

"Diyakini bahwa masukan atau pengaduan diberikan untuk mendapatkan solusi dan berguna dalam peningkatan kualitas pelayanan publik," ucapnya.

Sedangkan persentase penyelesaian pengaduan lanjut Said Abdullah, menunjukkan komitmen penyelenggara dan pengelola SP4N dalam menindaklanjuti dan mendokumentasikan setiap pengaduan yang diterima dari masyarakat. Hal ini dapat berkontribusi pada terwujudnya kebijakan pelayanan publik berbasis bukti (evidence-based public services policy). 

Sama seperti tahun lalu, pada tahun ini pun Pemerintah Kota Banjarbaru memberi reward kepada unit kerja yang bersikap responsif dalam menanggapi laporan warga. 

Dalam hal ini pihaknya berharap, reward yang diberikan dapat meningkatkan kinerja dan keaktifan pejabat penghubung aplikasi LAPOR! sekaligus dapat menjadi upaya percepatan pencapaian sasaran strategis road Map Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N) tahun 2020-2024. 

"Selamat kepada unit kerja yang mendapatkan reward tahun ini. Semoga hal ini dapat memotivasi unit kerja yang lain," jelasnya.

Berikut kategori penerima penghargaan sebagai unit kerja teresponsif dalam menerima laporan warga melalui aplikasi LAPOR! 

Kategori Dinas/Kantor/Badan:
1. Dinas Perkim
2. DKP3
3. Dinas PUPR

Kategori Kecamatan:
1. Kecamatan Banjarbaru Utara
2. Kecamatan Landasan Ulin

Kategori Kelurahan:
1. Kelurahan Syamsudin Noor
2. Kelurahan Landasan Ulin Utara
3. Kelurahan Landasan Ulin Tengah

Kategori Puskesmas:
1. Puskesmas Sungai Besar
2. Puskesmas Guntung Manggis
3. Puskesmas Rawat InaOp Cempaka

Kategori Sekolah:
1. SDN 2 Guntung Paikat
2. SDN 1 Cempaka
3. SMPN 11

BUMD: PDAM Intan Banjar. (ard)