Pencarian

Resmi! Kartu Prakerja Gelombang ke-12 Dibuka

Kartu Prakerja gelombang 12 resmi dibuka. Foto - Instagram @prakerja.go.id

MEDIAKITA.CO.ID – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto resmi mengumumkan pembukaan Program Kartu Prakerja gelombang 12. 

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, maka program Kartu Prakerja tahun 2021 ataupun gelombang ke-12 ini saya nyatakan dibuka," ujar Airlangga Hartarto dalam konferensi pers secara virtual, Selasa (23/2/21).

Airlangga mengatakan bahwa program Kartu Prakerja gelombang 12 terbuka untuk kuota 600.000 peserta. Dengan target peserta sebanyak 2,7 juta pada semester I hingga Maret mendatang.

Sementara untuk metode yang digunakan masih sama dengan pelaksanaan tahun lalu, yaitu semi bansos. Setiap peserta pelatihan akan menerima sebesar Rp 1 juta ditambah insentif pasca pelatihan Rp 600 ribu tiap bulannya selama 4 bulan dengan total insentif pasca pelatihan sebesar Rp 2,4 juta. Para peserta juga akan menerima insentif survei sebesar Rp 150 ribu dengan rincian Rp 50 ribu untuk satu kali survei.

"Gelombang 12 akan dibuka dengan kuota 600.000 peserta, dan target 2,7 juta penerima dapat didanai dengan anggaran Rp 10 triliun," jelasnya.

Airlangga menyebutkan untuk syarat Kartu Prakerja 2021 sama dengan sebelumnya, yakni:

- WNI berusia 18 tahun ke atas 

- Pencari kerja atau penganggur (lulusan baru dan program PHK)

- Pekerja (buruh/karyawan) yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja

- Wirausaha

- Tidak sedang mengikuti pendidikan formal

- Bukan penerima bansos Kemensos (DTKS), BSU, BPUM, atau penerima Kartu Prakerja yang sudah menerima pada tahun 2020

- Bukan TNI/Polri, ASN, Anggota DPR/D, BUMN/D, dan lainnya.

“Selain itu juga penerima Kartu Prakerja dibatasi maksimal hanya 2 anggota keluarga per KK," tegasnya.

Dengan begitu, masyarakat bisa mulai melakukan pendaftaran dan ikut bergabung pada seleksi program Kartu Prakerja gelombang ke-12 melalui website www.prakerja.go.id. (tim)