Pencarian

3.000 Hansip Siap Amankan Pemilu 2024 di Kabupaten Banjar


Jelang Pemilu, Bupati Banjar, Saidi Mansyur pimpin apel gelar pasukan Satlinmas di di RTH Alun Alun Ratu Zalecha Martapura. Foto - MC Kabupaten Banjar

MEDIAKITA.CO.ID - Jelang persiapan menuju Pemilihan Umum (Pemilu) 2024, 3.000 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) atau yang akrab disebut Pertahanan Sipil (Hansip) di seluruh Kelurahan dan Desa Kabupaten Banjar, mengikuti apel gelar pasukan di Alun-alun Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalecha Martapura, Rabu (6/12/23). 

Bupati Banjar H Saidi Mansyur mengatakan, peran satuan Satlinmas adalah membantu pemerintah daerah dan aparat keamanan dalam rangka mengamankan penyelenggaraan Pemilu dan Pilkada 2024 mendatang, agar pelaksanaan berlangsung aman dan kondusif.

“Yang mana dalam satu desa dan kelurahan terdapat sepuluh orang Linmas, bersama aparat akan mengamankan di TPS, mulai pengambilan kotak suara, pelaksanaan pemungutan suara hingga mengantar kotak suara ke PPS,” ucap Bupati.

Menurutnya, hal ini sebagai bentuk komitmen pemerintah dan juga sebagai ajang silaturahmi untuk saling mengenal satu sama lainnya.

Dalam apel ini Bupati Banjar secara simbolis menyerahkan kaos untuk Satlinmas agar mudah dikenal oleh masyarakat sesuai dengan fungsinya menjaga keamanan dan ketertiban.

Diungkapkanya, pada tahun 2024, Pemkab Banjar melalui Dinas Satpol PP telah menganggarkan untuk pakaian lapangan, dari kepala hingga kaki.

”Tahun depan kami juga menganggarkan baju seragam seperti yang kami pakai sekarang ini, atribut lengkap dari Kepala sampai kaki,” pungkasnya.

Sementara itu, Irwan Kumar selaku Kasatpol PP Banjar menambahkan, pihaknya telah menganggarkan sebesar Rp5 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten.

“Anggaran ini sedang disiapkan, juga nanti jika sudah pengesahan oleh Legislatif dan eksekutif kita akan melakukan lelang, sesuai dengan aturan kemendagri,” tambahnya.

Turut hadir Wakil Bupati Banjar Habib Idrus Al Habsyi, Forkopimda, beberapa Kepala SKPD, Kepala Satpol PP Irwan Kumar, camat, pambakal/lurah se Kabupaten Banjar. (Ptr/adv)