Pencarian

Bangga! IKM Asal Banjarbaru Terpilih dalam Indonesia Food Innovation 2021

Rumah Produksi Casheila asal Banjarbaru terpilih menjadi salah satu peserta Indonesian Food Innovation 2021. Foto - Instagram @casheila_kalsel

MEDIAKITA.CO.ID – Warga Kota Idaman patut berbangga hati. Pasalnya, Industri Kecil Menengah (IKM) asal Kota Banjarbaru, yakni Rumah Produksi Casheila menjadi salah satu dari 40 IKM terpilih Indonesia Food Innovation 2021. Pengumuman tersebut disampaikan melalui akun instagram resmi @ifi.kemenperin, pada Sabtu (10/4/21).

“Setelah menunggu sekian lama, akhirnya hari ini pengumuman IKM terpilih pada program IFI 2021,” demikian isi pengumuman seperti dikutip dari keterangan unggahan @ifi.kemenperin.

Dalam pengumuman itu disebutkan bahwa IKM yang masuk pada daftar terpilih dapat mengunduh dokumen secara resmi melalui laman website ifi.kemenperin.go.id. Tak lupa, Indonesia Food Innovation Kementerian Perindustrian (Kemneprin) turut mengucapkan selamat terhadap 40 IKM terpilih.

“Bagi yang belum terpilih jangan berkecil hati ya, terus upayakan yang terbaik untuk usaha pangan sahabat,” tutup pengumuman itu.

Melansir laman ifi.kemenperin.go.id, tahapan IFI 2021 sudah berlangsung sejak 26 Februari 2021 lalu. Setelah peserta diumumkan, pelaksanaan foodcamp akan berlangsung pada 14 April – 31 Mei secara virtual atau online.

Barulah, pada 2 – 3 Juni akan dilakukan penilaian secara offline oleh tim penilai kepada para peserta yang terdaftar. Sedangkan, pemberian hadiah dijadwalkan berlangsung 8 Juni 2021 yang akan datang. Di mana, akan langsung diserahkan oleh Kementerian Perindustrian.

Penilaian akan terbagi dalam dua kategori, yaitu Kategori Produk Antara (Intermediate Product) dan Kategori Produk Pangan Akhir (End Product). Pemenang tiga besar dari kedua kategori tadi berhak menerima uang tunai senilai jutaan, dengan rincian juara 1 hadiah uang tunai Rp 40 juta, juara 2 hadiah uang tunai Rp 25 juta, serta juara 3 hadiah sebesar Rp 15 juta.

Selain uang tunai, para pemenang juga akan menerima sejumlah keuntungan lainnya, diantaranya mengikuti program akselerasi lanjutan pengembangan bisnis melalui coaching dan mentoring eksklusif scaling up usaha.

Pengumuman 40 Industri Kecil Menengah (IKM) terpilih pada program Indonesian Food Innovation (IFI) 2021. Foto - Instagram @ifi.kemenperin

Kemudian, memperoleh fasilitasi sertifikasi HACCP atau sertifikasi lain yang dibutuhkan dalam rangka peningkatan daya saing. Terakhir, berhak mengikuti berbagai macam event pameran, investor macthmaking, dan fasilitasi membership e-commerce global.

“Peserta terpilih akan mendapatkan coaching dan mentoring dari para pakar profesional melalui program food camp untuk meningkatkan kapabilitas baik dari aspek teknis maupun bisnis, menuju IKM pangan yang marketable, profitable, dan sustainable,” dikutip Mediakita.co.id dari laman ifi.kemenperin.

Untuk diketahui, Rumah Produksi Casheila sendiri menjual beragam olahan ikan dan minuman buah, serta menyediakan aneka kemasan, cetak label, peralatan industri hingga masker kain sasirangan.

Sementara berdasarkan data penjualan dari salah satu marketplace, produk terlaris dari Rumah Produksi Casheila ialah olahan Ikan Sepat Kering 'Barampit', Ikan Sepat Sambal dan Kerupuk Ikan Gabus / Ikan Haruan.

IKM dengan tagline Taste of South Borneo itu memiliki alamat toko dan rumah produksi di Komplek Graha Mega 2 Nomor 3-4B RT. 29 RW. 007, Jalan Tunas Baru, Kelurahan Sungai Ulin, Kecamatan Banjarbaru Utara, Kota Banjarbaru. (tim)