
Banjarbaru masuk 6 besar Pengelola Pengaduan Terbaik. Foto - Dok. @RIF
MEDIAKITA.CO.ID - Lagi dan lagi, Kota Banjarbaru kembali meraih penghargaan dikancah nasional. Bahkan, prestasi yang didapatkan pun tak main-main, daerah yang kini merupakan ibu kota Kalsel itu masuk dalam 6 besar pengelola pengaduan terbaik se-Tanah Air.
Penilaian itu dilakukan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Dari hasil asesmen tersebut Banjarbaru sukses menembus kategori Outstanding Achievement atau Prestasi Luar Biasa.
Deputi bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, Diah Natalisa menyampaikan bahwa sebelum menetapkan Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik pihaknya telah menerima sekaligus menilai 434 proposal yang dikirimkan para peserta.
“Prosedur penilaian sesuai dengan Keputusan Menteri PANRB No. 1473/2021 yang menjadi pedoman penyelenggaraan kompetisi ini,” ujar Diah pada Rapat Pleno Hasil Evaluasi Dokumen secara virtual, Selasa (10/5/22) kemarin.
Lebih lanjut, Diah menjelaskan seluruh peserta (instansi) terbaik tersebut akan masuk ke dalam tahap evaluasi lanjutan. Mereka akan menjalani serangkaian tahapan seperti presentasi, wawancara, dan observasi lapangan.

Deputi Bidang Pelayanan Publik KemenPANRB saat menyampaikan penetapan Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Terbaik melalui Rapat Pleno Hasil Evaluasi Dokumen secara virtual, Selasa (10/5/22). Foto - Tangkapan Layar
Untuk presentasi dan wawancara rencananya dilakukan dalam waktu bersamaan di hadapan panel tim evaluasi, pada 23 Mei 2022 mendatang.
Tahap presentasi dan wawancara ini disebut menjadi bagian untuk memperdalam aspek terkait inisiatif yang diajukan dan capaian dalam setiap aspek pengaduan pelayanan publik, sesuai dengan kriteria penilaian pada komponen substansi.
Berbeda dari tahun sebelumnya, kolaborasi penyelenggaraan kali ini dilakukan oleh Kementerian PANRB, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kantor Staf Presiden, dan Ombudsman Republik Indonesia.
Dihubungi Mediakita.co.id, Wali Kota Banjarbaru, HM. Aditya Mufti Ariffin, S.H., M.H., mengaku bersyukur atas penghargaan dari KemenPANRB tersebut.
Atas penetapan Banjarbaru dalam enam besar kategori Outstanding Achievement, dirinya pun berharap bisa menjadi pemantik dan sumber energi bagi Pemkot Banjarbaru untuk tetap konsisten, atau bahkan meningkatkan pelayanan secara optimal bagi warga Kota Idaman.
"Tentunya pasti masih ada kekurangan yang harus kita benahi bersama-sama,” pintanya.
Selain Banjarbaru, 6 besar untuk kategori Outstanding Achievement itu jatuh kepada Pemerintah Kabupaten Demak, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, Badan Pengawas Obat dan Makanan, Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Pemerintah Kabupaten Sleman.
Berikut daftar lengkap Top 51 Pengelola Pengaduan Pelayanan Publik:
a. Kategori Outstanding Achievement
1. Pemerintah Kabupaten Demak
2. Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan
3. Badan Pengawas Obat dan Makanan
4. Pemerintah Provinsi Jawa Timur
5. Pemerintah Kabupaten Sleman
6. Pemerintah Kota Banjar Baru
b. Kategori Instansi Pemerintah
1. Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
2. Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia
3. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia
4. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia
5. Kementerian Keuangan
6. Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah
7. Badan Riset dan Inovasi Nasional
8. Badan Kepegawaian Negara
9. PT Pertamina (Persero)
10. Pemerintah Provinsi Bali
11. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
12. Pemerintah Provinsi Aceh
13. Pemerintah Provinsi Sumatera Barat
14. Pemerintah Kota Mojokerto
15. Pemerintah Kota Batam
16. Pemerintah Kota Mataram
17. Pemerintah Kota Kediri
18. Pemerintah Kota Denpasar
19. Pemerintah Kota Pontianak
20. Pemerintah Kota Surabaya
21. Pemerintah Kota Ambon
22. Pemerintah Kabupaten Gowa
23. Pemerintah Kabupaten Malang
24. Pemerintah Kabupaten Muara Enim
25. Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan
26. Pemerintah Kabupaten Tangerang
27. Pemerintah Kabupaten Sumedang
28. Pemerintah Kabupaten Ciamis
29. Pemerintah Kabupaten Banjar
30. Pemerintah Kabupaten Agam
c. Kategori Unit Pelayanan Publik
1. Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia
2. Kantor Pertanahan Kota administrasi Jakarta Timur - Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional
3. Direktorat Jenderal Bea dan Cukai - Kementerian Keuangan
4. Rumah Tahanan Negara Kelas IIA Manado
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi
6. Direktorat Registrasi Pangan Olahan - Badan Pengawas Obat dan Makanan
7. Perumda Air Minum Tugu Tirta Kota Malang
8. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Riau
9. Badan Kepegawaian Dan Pengembangan Provinsi Bali
10. Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Siak
11. Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang
12. Inspektorat Daerah Kabupaten Malang
13. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Serdang Bedagai
14. RSUD Bendan Kota Pekalongan
15. Puskesmas Janti Kota Malang. (tim)