Pencarian

Pejabat Fungsional Tertentu Banjarbaru Dilantik

Wali Kota melantik ratusan pejabat fungsional tertentu. Foto - Ferdy

MEDIAKITA.CO.ID - Sebanyak 125 pejabat fungsional tertentu di lingkup Pemerintah Kota Banjarbaru, dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin di gedung Bina Satria DPRD Banjarbaru pada Selasa (6/4/21).

Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin berharap dengan dilantiknya pejabat fungsional ini dapat membantu dan bersinergi untuk kemajuan Kota Banjarbaru. 

"Jadi mereka semua diberikan tanggung jawab yang penuh untuk membangun Kota Banjarbaru yang menuju Maju, Agamis, dan Sejahtera," ujar Aditya.

Aditya juga menekankan bahwa pelantikan ini jangan hanya dijadikan sebagai ajang seremonial saja. Karena menurutnya, ketika seseorang sudah mengambil sumpah jabatan tersebut, maka mereka harus berkomitmen dan bertanggung jawab atas apa yang diucapkannya.

"Kita tidak menginginkan ucapan sumpah jabatan tersebut hanya sekadarnya saja," tutupnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Pelatihan dan Pendidikan (BKPP) Kota Banjarbaru, Sri Lailana 

memaparkan bahwa pejabat fungsional tertentu yang dilantik ini terbagi dalam 4 kelompok, diantaranya ada yang naik jenjang, penyetaraan dari struktural fungsional, sampai ada yang diangkat pertama kali, serta naik jenjang kepada keahlian.

"Adapun rincian yang sekarang sudah dilantik dari 125 orang tersebut diantaranya adalah 83 tenaga guru, 21 tenaga medis, dan 21 tenaga lainnya, di mana diantaranya adalah Satpol PP, BPBD, perencana," terang Lailana.

Lailana melanjutkan, pengelompokan rumpun jabatan fungsional dibedakan menjadi dua macam, yakni jabatan fungsional umum dan jabatan fungsional tertentu/khusus.

"Jabatan fungsional tertentu atau khusus adalah jabatan yang pengangkatan dan kenaikan pangkatnya disyaratkan dengan sistem angka kredit," demikian dia. (fer)