Pencarian

SIPOPI Diluncurkan, Daftar Berobat Jadi Lebih Mudah


Salah satu Staf RSDI Banjarbaru memperlihatkan  aplikadi SIPOPI usai diunduh dari playstore. Foto - Humas RSDI Banjarbaru

MEDIAKITA.CO.ID - Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Banjarbaru meluncurkan sebuah aplikasi untuk memudahkan pasien mendapatkan pelayanan kesehatan. Aplikasi tersebut diberi nama SIPOPI atau kependekan dari Sistem Pelayanan Online Pasien RSD Idaman Banjarbaru.

Diluncurkan sejak bulan Mei 2023 lalu, SIPOPI telah dilengkapi fitur pendaftaran online. Sistem berbasis aplikasi android ini dapat memudakan masyarakat yang ingin berobat dengan mendaftar hanya melalui telepon genggam.

Direktur RSD Idaman Banjarbaru, dr Danny Indrawardhana, MMRS mengatakan bahwa aplikasi SIPOPI menjadi penerapan teknologi yang telah menjadi hal yang mutlak dilakukan di era ini. Menurutnya, aplikasi ini memiliki banyak manfaat dan keuntungan yang bisa didapatkan pasien.

"Sebagaimana arahan bapak Wali Kota Banjarbaru, pasien yang ingin berobat di RSD Idaman agar dimudahkan. Dengan melalui aplikasi SIPOPI masyarakat bisa mendaftar melalui smartphone androidnya dari rumah atau di manapun, tanpa harus ke rumah sakit dulu," terangnya, Senin (18/9/23).

Secara teknis, melalui aplikasi SIPOPI ini kata Danny, masyarakat bisa melakukan pendaftaran saat berencana berobat dengan periode maksimal 7 hari sebelum jadwal berobat.

"Termasuk di hari pelaksanaan berobat dengan waktu pendaftaran maksimal pukul 09.00 WITA," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi SIMRS RSD Idaman Banjarbaru, M Fariz Adani menambahkan bahwa hingga saat ini, penggunaan SIPOPI menanjak dengan jumlah di Playstore sebanyak 1.000 unduhan. Dari jumlah tersebut, berdasarkan catatan pemesanan pendaftaran online melalui SIPOPI mencapai 1.039 booking. 

"Pendaftaran yang dulu melalui WhatsApp juga sudah mulai diarahkan ke SIPOPI sejak kehadirannya di Playstore agar pasien lebih mandiri untuk mendaftar online," katanya.

Lebih lanjut, Fariz juga menerangkan bahwa selain pendaftaran pasien, lewat aplikasi SIPOPI masyarakat juga bisa melihat informasi jadwal praktik dokter dan jumlah kamar rawat inap yang tersedia.

Tak hanya itu, SIPOPI juga menyediakan layanan pengaduan apabila ada keluhan dari pasien yang akan ditindaklanjuti oleh Unit Pengaduan Masyarakat.

"Selain itu di menu akun bisa melihat data booking berobat dan riwayat di poli mana saja. Manajemen RSD Idaman Banjarbaru berkomitmen untuk terus mengembangkan SIPOPI sesuai dengan alur pelayanan rumah sakit demi peningkatan mutu pelayanan rumah sakit," tuntasnya. (ard/Humas)