Pencarian

2023, Rumah Sakit Tipe B Jadi Target RSD Idaman Banjarbaru


RSDI Banjarbaru sudah mengupayakan tindakan promotif dan preventif dalam pelayanan, agar RSDI dapat menjadi Rumah Sakit Tipe B. Foto - Istimewa

MEDIAKITA.CO.ID - Tak puas dengan predikat Paripurna Bintang 5 dari Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) yang diraih tahun 2022 lalu, Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman menargetkan Rumah Sakit Tipe B tahun 2023 ini.

Direktur RSD Idaman Kota Banjarbaru melalui Kepala Unit Humas, Andri Hamidansyah mengatakan bahwa RSDI Banjarbaru sudah mengupayakan tindakan promotif dan preventif dalam pelayanan, agar RSDI dapat menjadi Rumah Sakit Tipe B atau rumah sakit yang menyediakan fasilitas dan kemampuan medik paling sedikit 4 spesialis dasar, 4 spesialis penunjang medik, 8 spesialis lain serta 2 sub spesialis dasar.
 
"Saat ini kami lebih mengupayakan keberhasilan pengobatan dalam rumah sakit, seperti ketersediaan obat dan ruangan. Upaya promotif dan preventif dari Rumah Sakit pun sudah berjalan beriringan dengan Puskesmas," jelasnya.



Andri pun menjelaskan bagaimana pihaknya melakukan berbagai upaya untuk menjadi Rumah Sakit Tipe B. Selain dengan sosialisasi di setiap poli rumah sakit, pihaknya juga selalu memberikan informasi melalui media sosial.

"Ya, kami melakukan sosialisasi lewat PKRS (Promosi Kesehatan Rumah Sakit), sekaligus penyuluhan-penyuluhan dengan materi yang berbeda setiap minggunya," ungkap Andri.

"Mungkin masih banyak masyarakat yang belum mengetahui beberapa program unggulan dari RSDI Banjarbaru, seperti MCU (_Medical Check Up_) inklusif, perawatan inklusif, perawatan luka, rehabilitas medik dan homecare,"  tutupnya.